Tak Hanya Pantainya saja, Tarian Tradisional Bali juga Memikat Mata Dunia lho


Tak Hanya Pantainya saja, Tarian Tradisional Bali juga Memikat Mata Dunia lho

Tak Hanya Pantainya saja, Tarian Tradisional Bali juga Memikat Mata Dunia lho

Tarian Tradisional Bali juga Memikat Mata Dunia - Pesona Pulau Dewata Bali memang tidak akan pernah habis. Mulai dari keindahan alam baharinya sampai budayanya selalu saja bisa membuat orang yang berkunjung kagum. Pulau Bali, merupakan pulau yang berada di kawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan paling terkenal di hampir penjuru Dunia. Pulau ini menyimpan keindahan alam dan keunikan budaya yang masih melekat hingga saat ini. Selain itu keramah tamahan dari penduduknya juga menjadi ciri khas dari Pulau Bali, dan bisa membuat kita betah berlama – lama berwisata ke destinasi yang berjuluk Pulau Dewata ini.

Budaya di Bali terlestarikan dari generasi ke generasi, bukan karena banyaknya wisatawan yang mengunjunginya, melainkan memang komitmen dari warga Bali yang akan terus mempertahankan kebudayaanya sehingga menjadi ciri khas dari Bali sendiri. Sehingga tak peduli seberapa banyak wisatawan asing yang datang dan menetap disana, Pulau Bali akan selalu sama dan tidak akan pernah berubah dari segi budayanya.

Tak Hanya Pantainya saja, Tarian Tradisional Bali juga Memikat Mata Dunia lho


Saking kaya akan budaya, ada 9 tarian tradisional Bali yang dijadikan sebagai warisan dunia lho. Tak tanggung-tanggung, berdasarkan hasil sidang UNESCO di Namibia, Afrika pada 2 Desember 2015. Dalam sidang UNESCO yang berlangsung siang hari waktu Namibia, Afrika, Indonesia lewat pengusulan tari Bali mendapatkan urutan ke-18 dari total 35 negara yang mengusulkan penetapan dari UNESCO. Ini berarti secara resmi UNESCO mengakui tari Bali sebagai warisan budaya. Kesembilan tarian itu antara lain Tari Barong Ket, Tari Joged Bumbung, Tari Legong Keraton, Drama Tari Wayang Wong, Drama Tari Gambuh, Topeng Sidhakarya, Tari Baris Upacara, Tari Sanghyang Dedari dan Tari Rejang.
Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Dewa Beratha, beliau mendapat kabar informasi kepastian penetapan tersebut dari pesan singkat. Pesan dikirimkan oleh Dohardo Pakpahan, Deputi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Bidang Koordinasi Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. Dengan ini, maka pelestarian dan pengembangan tari tradisional Bali menjadi tanggung jawab semua masyarakat, dan pemerintah.
Sangat membanggakan sekali ya guys! memang pesona Pulau Dewata tidak ada duanya. Sebagai generasi muda kita harus ikut menjaga dan mendukung terus kelestarian budaya lokal dimanapun daerah kalian. Jadi keberagaman budaya Indonesia akan terus ada dan makin dikenal dunia. Sama halnya dengan rangkaian bunga yang ditawarkan di Toko Bunga Jakarta, sangat beragam dan indah pastinya.

Comments

Popular Posts